Sabtu, 28 Agustus 2010

Bentuk sediaan obat (padat)

Bentuk sediaan adalah bentuk dari suatu obat berdasarkan proses pembuatan dari obat tersebut dalam bentuk akan digunakan.
berikut adalah beberapa maca bentuk sediaan obat:
1. Pulvis (serbuk)
serbuk adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditunjukan untuk oral atau pemakain luar.
2. Tablet
adalah sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi.
Beberapa contoh tablet diantaranya, tablet kunyah, tablet salut, tablet lepas lambat, tablet hisap, tablet sublingul dan tablet bukal, tablet effervescent, serta tablet vaginal.
3. Kapsul
kapsul adalah sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat melarut. Kapsul cangkang keras dapat diisi dengan serbuk, butiran atau granul, bahan semi padat atau cairan, dan kapsul atautablet kecil.
kapsul cangkang lunak dapat diisi dengan cairan, suspensi, bahan berbentuk pasta atau serbuk kering.
ukuran cangkang kapsul keras bervariasi dari nomor paling kecil 5 sampai nomor paling besar 000.

Ukuran kapsul

Kapasitas Volume isi rata-rata (ml)

000

1, 36

00

0,95

0

0,67

1

0,48

2

0,37

3

0,27

4

0,20

5

0,13


4. Pil
pil dalam bentuk sediaan padat berupamassa bulat, mengandung satu atau lebih bahan obat, dan dimaksudkan untuk pemakaian secara oral, pil mempunyai berat 60 mg-300 mg, sedangkan bentuk sediaan yang kurang 60 mg disebut granul, dan bentuk sediaan denagn berat lebih dari 300 mg disebut boli.
5. Implan
implan atau pelet adalah sediaan dengan massa padat steril berupa ukuran kecil, berisi obat dengan kemurnian tinggi. Dibuat dengan cara pengempaan (percetakan) .
implan dimaksudkan untuk ditanam dalam tubuh manusia, biasanya secara sub kutan. Nantinya diharapkan memperoleh pelepasan obat secara berkesinambungan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar